air terjun kalibendo

Air Terjun Kalibendo - Banyuwangi

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian sekitar 10 m dan berada di dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan karet, kopi dan cengkeh.  Kawasan Kalibendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Lokasi

Terletak di Desa kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:
8° 9' 54.91" S  114° 16' 27.74" E

Aksesbilitas

Berjarak kira-kira 15 km dari Banyuwangi ke arah barat daya.
Ada beberapa jalur alternatif menuju kesana, tapi biasanya mengambl jalan lurus ke arah barat daya tadi.  Dari pusat kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah.  Selanjutnya perjalanan tetep lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari.  Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Tamansuruh Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Desa kampung anyar.

Setelah masuk gerbang PT Perkebunan kalibendo, kendaraan dapat diparkir di tempat yang disediakan di depan gedung pertemuan.  Dari sini selanjutnya perjalanan berganti dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati kawasan perkebunan cengkeh dan pohon Bendo.  Kondisi jalan setapak ini msih berupa tanah dengan kontur menurun dan berliku.

Selanjutnya akan tiba di sungai dengan jembatan di atasnya.  Setelah menyeberangi jembatan kayu selebar 1 m di atas sungai tersebut tampak menghampar perbukitan dan tanaman heterogen.  Di pinggir sungai ini banyak ditemui beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Dari sungai ini perjalanan diteruskan (masih melewati jalan setapak) di sepanjang tebing di sisi atas sungai.sejauh  kurang lebih 300 m ke arah barat hingga tiba di sungai lagi.  Dan akhirnya ikuti aliran sungai tersebut dengan menyusurinya hingga tiba di lokasi air terjun beberapa ratus meter lagi.